Makanan Setan Di Tegal

Siapa yang tak tahu istilah setan. Kata ini diserap dari Bahasa Arab, digunakan dalam Bahasa Indonesia bermakna sama seperti dalam bahasa aslinya. Kata ini telah menjadi istilah tersendiri menunjukkan pada makna makhluk pembangkang, pendurhaka, pengkhianat, pembohong, penggoda, dan makna ‘buruk’ lainnya. Dari pemaknaan yang masih bersifat umum ini, ada yang memasukkan jenis manusia ke dalam setan. Maksudnya bukan semua manusia adalah setan tetapi ada manusia yang memiliki karakter setan, yaitu mereka yang mengajak kepada keburukan. Anda termasuk ?

Pertanyaannya, Apakah setan punya jenis makanan tertentu ?Mau tau???Postingan ini bukanlah mau membahas apa tiap hari setan makan atau apa menu makanan setan, tetapi yang kita bahas adalah salah satu makanan khas Tegal yang diberi nama PONGGOL SETAN.Wah, seram juga namanya, apakaha bentuk dan rasanya seseram namanya?

ponggol setan:

Di daerah Tegal Ponggol Setan adalah sebutan untuk nasi yang dibentuk menggung, dibungkus dengan daun pisang dengan lauk pendampingya biasanya berupa oseng-oseng tempe, mie goreng ditambah telur,ikan asin, tahu, tempe mendoan atau krupuk. Yang khas dari makanan ini adalah karena penyajiannya dalam keadaan hangat dan baru dibungkus ketika ada pembeli memesan. Selain itu keunikan lainnya adalah oseng-oseng tempe sebagai lauknya dalam pembuatannya dijemur terlebih dahulu selama satu hari sebelum dimasak. Nama Ponggol Setan sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar karena makanan ini dijual hingga dini hari. Mungkin karena malam sampai dini hari diidentiakn dengan sesuatu yang serem, banyak setan, atau saatnya setan keluar dari sarangnya, sehingga nasi ponggol yang dijual sampai dini hari itu dinamakan Ponggol Setan. Namun pada perkembangannya sekarang ini Ponggol Setan juga dijual di pagi hari sebagai menu sarapan, bahkan sampai siang hari.

Harga untuk satu pincuk(bungkus) Ponggol Setan juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp.3000-6000, tergantung dari lauk tambahan yang diinginkan pembeli. Dengan harga yang relatif murah, penyajian dalam keadaan hangat dan lauk yang unik dan tradisional inilah yang mebuat Ponggol Setan sekarang menjadi salah satu makanan kegemaran warga Tegal dan sekitarnya bahkan sekarang menjadi salah satu brand baru kuliner khas Tegal.

ponggol setan:

Bagi Anda yang belum mencoba PONGGOL SETAN, silahkan coba dan rasakan bagaimana keunikan dari makanan ini.dan hanya ada di kota tegal

sumber: TKP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: