Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010

Gan, jangan sedih Indonesia negara paling korup di Asia Pasifik, jangan sedih Persipura dicukur 0-9, ada juga kok prestasi teman-teman kita yang membanggakan, yaitu menjadi JUARA II 2010 SKYSCRAPER COMPETITION yang diselenggarakan evolo, sebuah situs jurnal desain dan arsitek berbasis di Amrik. Evolo menyelenggarakan lomba tersebut sejak 2006. Tahun ini ada 430 proposal masuk dari 42 negara. Dan tim Indonesia yang dimotori Rezza Rahdian, Erwin Setiawan, Ayu Diah Shanti, Leonardus Chrisnantyo, dengan konsep Water Purification Skyscraper in Jakarta meraih posisi kedua. Posisi pertama diraih arsitek dari Malaysia yang mengusung “penjara di angkasa”. Tempat ketiga diraih arsitek AS-Jepang.

Berikut gambar-gambar pemenang Lomba

Spoiler for Juara I Vertical Prison oleh Chow Khoon Toong, Ong Tien Yee, Beh Ssi Cze dari Malaysia:

Ini alCatraz versi luar angkasa, jadi kalo ada yang melarikan diri langsung nyemplung ke bawah. Rentan terhadap kebakaran dan gempa bumi. LAgian pasti mahal ya? Di Chicago katanya para napi dibekap di lantai sepuluh, jadi kalo mau lari kalo ga terbang ya turun sepuluh lantai

Spoiler for Juara II Water Purification Skyscraper in Jakarta oleh Rezza Rahdian, Erwin Setiawan, Ayu Diah Shanti, Leonardus Chrisnantyo dari Indonesia:

Namanya Water Purification Skyscraper in Jakarta alias Ciliwung Recovery Program (CRP). Tujuannya memurnikan sungai Ciliwung ke bentuk asalnya. Melalui sistem baru di dalam bangunan dan memanfaatkan limbah sungai sebagai bahan bakunya, CRP diharapkan mampu menjadi generator perbaikan lingkungan bagi kota Jakarta.

Spoiler for Agak bw gan:

Spoiler for Kata Situs ARsitek:
Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, pada awalnya didesain sebagai kota air, dimana tiga belas sungai yang melintasinya dimanfaatkan sepenuhnya sebagai sumber penghidupan warga kota. Sungai Ciliwung sebagai sungai terbesar yang memotong tepat di pusat kota Jakarta, merupakan sungai utama yang menunjang kehidupan warga kota, sayangnya saat ini sungai tersebut menjadi musibah besar bagi warga kota, karena luapan airnya membanjiri kota. Banyaknya permukiman kumuh disepanjang tepian sungai menambah masalah baru, yaitu pencemaran di sekitar daerah aliran sungai.

Ciliwung Recovery Program (CRP), merupakan proyek yang bertujuan memurnikan sungai Ciliwung ke bentuk asalnya. Melalui sistem baru di dalam bangunan dan memanfaatkan limbah sungai sebagai bahan bakunya, CRP diharapkan mampu menjadi generator perbaikan lingkungan bagi kota Jakarta.

Dalam CRP terdapat tiga garis utama proses memurnikan sungai Ciliwung, garis pertama adalah mengalirkan aliran sungai Ciliwung yang tercemar ke dalam bangunan melalui pipa-pipa kapiler dengan memanfaatkan sistem bejana berhubungan untuk mengangkatnya menuju ke bagian pengolahan limbah. Pada tahap ini, air sungai dipisahkan dari sampah, sampah ini yang akan dimanfaatkan sebagai pupuk bagi tanah di sekitar aliran sungai, sedangkan air sungai yang bebas sampah diolah ke tahap selanjutnya atau dialirkan kembali ke aliran sungai.

Garis kedua merupakan tahap pemurnian air sungai melalui penambahan berbagai mineral agar air dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari bagi penghuni bangunan, yang tak lain adalah penghuni permukiman kumuh di sepanjang Sungai Ciliwung. Pemindahan penghuni bantaran sungai ke dalam bangunan CRP bertujuan untuk membuka dan memperluas daerah aliran sungai Ciliwung yang akan dipersiapkan menjadi ruang-ruang terbuka hijau baru bagi kota Jakarta.

Garis ketiga merupakan pengolahan kembali produk limbah rumah tangga tersebut menjadi air yang layak untuk dikembalikan ke aliran sungai Ciliwung. Sebagian air sungai olahan tersebut didistribusikan ke tanah-tanah di sekitar aliran sungai Ciliwung melalui dua cara. Cara pertama melalui pipa-pipa kapiler di bawah tanah yang tidak hanya membawa air, tetapi juga pupuk yang dihasilkan pada garis pertama. Pipa-pipa kapiler ini terhubung dengan menara generator yang berada di sekitar tanah-tanah yang mengalami kerusakan, dan menciptakan sebuah lingkungan baru yang dapat dimanfaatkan untuk pertanian.

Cara kedua distribusi air memanfaatkan ketinggian bangunan CRP, dengan cara menyemprotkan air olahan melalui kulit bangunan. Semprotan air dari ketinggian ini menimbulkan kelembaban di bagian bawah bangunan yang memicu tumbuhnya tanaman perintis yang nantinya mampu memberi kontribusi besar bagi terciptanya sebuah ekosistem baru yang dapat dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup. Berbagai ekosistem ini yang nantinya akan menciptakan iklim mikro yang baik bagi kota Jakarta, sekaligus sebagai jawaban atas berkurangnya banyak ruang terbuka hijau di seluruh dunia yang menimbulkan pemanasan global.

Bangunan CRP ini memanfaatkan ketinggiannya untuk menghasilkan energi bagi dirinya sendiri, termasuk penggunaan sistem teknologi pasif di dalam bangunannya. Kulit bangunan dirancang dengan banyak lapisan, dimana lapisan terluar yang banyak memperoleh angin, dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga angin. Untuk pembangkit listrik tenaga surya, di pucak gedung terdapat solar reactor raksasa. Untuk transportasi vertikal, bangunan CRP menggunakan Archimedes Lift yang memanfaatkan prinsip Archimedes. Lift akan bergerak naik dan turun sesuai dengan hukum dengan mengakomodasi berat jenisnya. Sisa energi yang dihasilkan dari bangunan CRP ini juga akan didistribusikan ke bangunan-bangunan di sekitar sungai Ciliwung.

Spoiler for Nih para jawaranya gan:
Spoiler for Kata Situs Arsitek tentang Konsep Water Purification Skyscraper in Jakarta:
Spoiler for Juara III Nested Skyscraper in Tokyo oleh Ryohei Koike, Jarod Poenisch United States:

Spoiler for Special Mention Hermits Mountains -Towers of Ancient Dreams:

Karya Hongjun Zhou, Lu Xiong dari Australia / China / Japan

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3569996

8 Responses

  1. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  2. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  3. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  4. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  5. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  6. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

  7. […] Indonesia Juara II SKYSCRAPER COMPETITION 2010 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: