Lubang-Lubang Aneh Di Dunia

1. Kimberley Mine
Spoiler for Kimberley Mine:


Lubang besar yang berlokasi di Kimberley, Afrika Selatan ini merupakan lokasi penambangan terbesar di dunia yang dilakukan manual (tanpa mesin gan!!).

Sejak awal penggalian tahun 1871 hingga 1914, lebih dari 50.000 penambang telah menggali lubang ini menggunakan cangkul dan sekop. Dari lubang seluas 463 meter dan kedalaman 240 meter ini, total intan yang telah dihasilkan kurang lebih 2700 kilogram.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Big_Hole

2. Guatemala Sinkhole
Spoiler for Guatemala:



Pernahkah terbayangkan bahwa di tengah pemukiman padat perkotaan yang sedang kita tinggali, tiba-tiba permukaan tanahnya “hilang” dan rumah kita jatuh ke dalam lubang tersebut? Jangan kira ini hanya semacam khayalan atau film horror, kejadian ini benar-benar terjadi!

Di Guatemala City, Amerika Tengah, horor tersebut benar-benar terjadi. Pada suatu siang di medio Februari 2007, tiba-tiba saja permukaan tanah di kawasan perumahan padat tersebut seakan tersedot ke pusat bumi. Lubang sedalam 100 meter ini “menenggelamkan” belasan rumah, dan kurang lebih seribu warga harus di dievakuasi. Dua orang dilaporkan menghilang pasca kejadian ini.

Penelitian yang dilakukan otoritas setempat menyebutkan bahwa lubang raksasa ini disebabkan kesalahan / kebocoran cairan dari saluran air di bawah tanah yang “menyerap” bebatuan di sekitarnya.

http://www.dailycognition.com/index….ound-them.html

3. Great Blue Hole
Spoiler for Great Blue Hole:


Great Blue Hole. Namanya pun rasanya sudah cukup menggambarkan lubang ini. Lubang di bawah air ini berada di negara Belize, Amerika Tengah. Dengan diameter 300 meter dan kedalaman 125 meter, lubang ini diyakini para ahli sebagai gua kapur yang terbentuk pada pediode glasial terakhir, ketika ketinggian permukaan air laut masih jauh di bawah sekarang. Seiring meningginya permukaan lautan, gua ini pun terendam dan atapnya runtuh, sehingga seperti cerobong raksasa.

Situs ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai World’s Heritage Site, atau Situs Peninggalan Dunia (kayak Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, dll). Saat ini Great Blue Hole terkenal dan sering dikunjungi oleh para penggemar Scuba Diving sehingga menjadi lokasi favorit Turis yang datang ke Belize. Ada yang mau Scuba Diving disana??? hahaha..

http://en.wikipedia.org/wiki/Great_Blue_Hole

4. Sarisarinama Plateau

Spoiler for Sarisarinama:


Sarisarinama Plateau berlokasi di Taman Nasional Jaua Sarisarinama, Venezuela. Lubang yang memiliki luas dan kedalaman masing-masing 350 meter ini masih merupakan misteri alam. Tebing alam raksasa yang mengelilinginya telah menciptakan ekosistem sendiri yang terisolasi, dengan berbagai flora dan fauna yang unik dan tidak dijumpai di belahan dunia mana pun.

Demikian terisolasinya, bahkan situs ini baru ditemukan pada tahun 1974. Ekspedisinya didokumentasikan pada buku “Into the lost world” karya David Notts.

Keren ya gan?? siapa tau ada dinosaurusnya.. hahaha…

http://www.dailycognition.com/index….ound-them.html

5. Mirny Diamond Mine

Spoiler for Mirny:


Mirny Mine ini berlokasi di Siberia Timur, Rusia. Dengan kedalaman 525 meter dan diameter 1200 meter, pertambangan ini diyakini sebagai yang kedua terbesar di dunia. Saking besarnya, gaya tekan ke bawah di lokasi ini pun demikian hebat, hingga helikopter sangat dilarang untuk melintas di atasnya. Beberapa helikopter sebelumnya yang melintas seakan tersedot ke bawah dan jatuh.

Situs pertambangan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1957. Geologis yang menemukannya bahkan diberikan Pengargaan Lenin, salah satu penghargaan tertinggi di Uni Soviet. Pada tahun 1960an tambang ini menghasilkan 10 juta karat (2 ton) intan per tahun. Pertambangan di lokasi ini dihentikan pada tahun 2001.

http://en.wikipedia.org/wiki/Mir_mine

6. Glory Hole

Spoiler for Glory Hole:



Glory Hole ini julukan yang kerap kali diberikan kepada saluran air di Dam Monticello, California.

Dam yang dikonstruksikan pada tahun 1953 ini memiliki saluran air yang berfungsi menyedot air jika ketinggian air mencapai batasnya.
(Lihat di gambar 1 dan 2 adalah saat dam sedang “penuh”, gambar 3 saat dam sedang “kering”, dan gambar 4 adalah aliran air yang dikeluarkan di bawah)

Dam ini kini memiliki pembangkit listrik dengan 3 generator, dan menyokong listrik di daerah North Bay, San Fransisco.

http://en.wikipedia.org/wiki/Monticello_Dam

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3267552

About these ads

12 Responses

  1. [...] Lubang-Lubang Aneh Di Dunia [...]

  2. [...] Lubang-Lubang Aneh Di Dunia [...]

  3. [...] Lubang-Lubang Aneh Di Dunia [...]

  4. [...] Lubang-Lubang Aneh Di Dunia [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: